Senin, 22 Oktober 2007

CARA JITU MEMASARKAN SARANA PERTANIAN

CARA JITU MEMASARKAN SARANA PERTANIAN

Dunia pertanian modern adalah suatu sistem yang sangat kompleks dan merupakan mata rantai dalam usaha tani yang paling strategis yaitu sarana pertanian. Benih, pupuk, pestisida dan fungisida serta peralatan pertanian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari daftar kebutuhan persatuan luas usaha tani per musim.

Pengadaan sarana pertanian, pendistribusian sampai pada pemakai dibangun dalam suatu mata rantai pilihan dan merupakan lintasan alur bisnis antara produsen dan konsumen dalam suatu komplementer kebutuhan. Untuk menempatkan posisi pemakai sebagai bagian dari suatu sistem bisnis di sektor partanian maka sangat diperlukan kiat-kiat antara lain :

1. Menempatkan petani ( konsumen ) sebagai bagian dari mata rantai industri sarana pertanian dan sekaligus adalah pemakai. Katakan pada mereka bahwa tanaman di lahan ini adalah kepunyaan kita dari pabrik sebaliknya bahwa pabrik sarana di sana adalah milik mereka. Artinya bahwa produser membuat sarana terbaik bagi mereka dan petani pun merasa memiliki pabrik sarana tersebut.

2. Petani sebagai pemakai mempunyai hak untuk memilih, oleh karena itu produser tentu mampu menyediakan produk terbaik sesuai kebutuhan

3. Untuk menjadi pilihan tentu produk perlu diperkenalkan dahulu, diuji mutunya, mampu bersaing dalam kemanfaatan maupun harga.

4. Terlayani sebagai perorangan / pelopor pemakai maupun penggerak

untuk suatu kawasan usaha tani tertentu. Kelompok tani yang memiliki akreditasi baik dapat dipilih menjadi mitra kerja

5. Memberikan kesan baik dan menguntungkan. Kesan baik mulai dari pelayanan, ketersediaan, dan juga hasil meyakinkan serta nilai yang diperoleh kelak.

6 Memenuhi wawasan keselamatan lingkungan dan juga konsumen.

Menjadi pilihan dan kewajiban usaha tani masa depan adalah yang berwawasan lingkungan dan menyelamatkan kehidupan. Demi kesuksesan di masa datang hendaklah menjadi pertimbangan untuk segera menghasilkan produk ramah lingkungan dan menyelamatkan kehidupan.

7 Membangun jaringan bisnis pertanian dalam suata kawasan dan menguasai potensi bisnis pertanian mulai dari sarana hingga pemasaran hasil terutama dalam bentuk sarana dan produk pertanian yang berwawasan lingkungan dan yang menyelamatkan.

Untuk meraih konsumen dan memastikan pilihan, diperlukan pula kejelian team pemasar memilih kawasan pertanian berpotensi dan sekaligus punya tokoh penggerak serta peranan /good father yang dapat diajak bekerjasama.
Langkah-langkah awal yang harus dilakukan pemasar:

1.Kunjungi petani/tokoh tani. Perkenalkan pada mereka produk yang dapat dicoba dan kiranya menjadi pilihan.

2.Temukan dan tetapkan petani/tokoh tani pilihan. Dan kunnjungi /dampingi mereka selalu sekurang-kurangnya 2 minggu sekali Mulai dari saat pilihan ditetapkan, pengolahan/persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga panen bahkan membantu merekomendasikan pemasarannya.

3, Dampingi petani dan kelompok tani dikawasan strategis yang menjadi sasaran pemasaran. Dampingi mereka sampai pemasaran produk pertanian mereka. Agroland berkewajiban dan berkesempatan untuk ambil bagian dalam pemasaran produk pertanian mereka dan itu lebih strategis dalam bisnis pertanian.

4.Percontohan dilakukan tetapi tidak dengan cara gratis, melainkan kajian bersama dengan jaminan resiko kegagalan dapat dipertimbangkan

5 Lakukan kotra kerjasama dengan tokoh panutan /pemuka atau pelopor tani.

6.Apabila kawasan sudah cukup luas, perkenalkan dan ajak kerjasama dengan

kios/toko sarana tani sebagai titik awal dan menjadi pusat distri busi.

7.Alat bantu promosi seperti percontohan usaha tani, papan nama, pertenuan-pertemuan dan tidak kalah penting adalah brosur dan slebaran sangat strategis dalam hal pemasaran.

Kajian dan pertimbangan berikutnya adalah kelayakan usaha, dalam hal ini adalah usaha produk dan pemasaran sarana pertanian disatu pihak dan kemanfaatan dan keuntungan usahatani dipihak lain.

Kelayakan usaha dapat dinilai dengan profit murni 10 – 20 persen per bulan. Demikian pula usahatani sudah cukup baik apabila memperoleh profit 10-20 %. Selanjutnya adalah kelayakan penghasilan perbulan, di Jogya dan Jawa Tengah seorang pemasar layak berpenghasilan lebih 2 juta.

Bagaiman dengan Anda sudahkan anda layak jadi seorang marketer handal di bisnis pertanian.

salam sukses luar biasa


subandono
www.modernagroland.com

2 komentar:

aviyung99 mengatakan...

terima kasih blog anda menambah wawasan bagi saya..
salam sukses...
bisa kunjungi blog saya juga...
www.senapanangincobramonster.blogspot.com

:-)

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak ulasan anda ini. .yg mana saya juga sedang menjalankan usaha kecil2an skala kampung yaitu menjual pupuk kompos dan bibit, tanaman hortikutira,rencana ingin jual produk2 pupuk dan produk2 pertanian lain..dan juga ingin lebih mengembangkan jumlah produk dan memperluas pemasaran. .Salam1hijau

 

blogger templates | Make Money Online