Sistem Menuju Kesuksesan
Jalur cepat menuju kesuksesan
Caranya bagaimana?” jalur yang paling cepat adalah mempelajari pengalaman orang sukses.”
Impian :
tanpa impian, semua hal tidak akan terjadi
orang yang paling miskin adalah orang yang tidak punya impian
impian adalah dorongan naluri yang merangsang kita untuk selalu maju
contoh :
“John F Kennedy, Preseiden AS pada suatu meeting di tahun 1961. menceritakan impiannya untuk mengantarkan manusia ke bulan sebelum tahun 1970-an. akhirnya pada tanggal 20 juli 1969, Neil Amstrong berhasil menginjakkan kakinya dipermukaan bulan “
Thomas Alfa Edison sebelum berhasil menciptakan bola lampu, dia melewati 10.000 uji coba, dan akhirnya tercapailah impiannya untuk menciptakan maha karya sebuah bola lampu yang bisa kita nikmati hingga sekarang.
Shokiro Honda, punya impian bahwa dia ingin menciptakan sebuah motor yang kapasitasnya besar tapi ngirit Bahan Bakar,dan akhirnya kita bisa lihat kegigihannya untuk mencapai impiannya, akhirnya hondalah yang pertama kali meluncurkan mesin 4 tak pertama kali dengan sistem yang jauh lebih irit bahan bakarnya.
Purdi E Chandra pimpinan primagama group, pertama kali mendirikan bimbingan belajar, untuk mencapai kesuksesan harus melewati berbagai halangan dan rintangan,berbagai macam keterbatasan dan kurang sana sini, tapi tekadnya kuat akhirnya dalam waktu kurang dari 20 tahun, prima gama mencapai kesuksesan menjadi market leader dibidang Bimbingan belajar.
dan silahkan diteruskan sendiri...............
TINDAKAN
seandainya anda mempunyai impian yang besar tapi tanpa tindakan maka impian itu hanya menjadi impian disiang bolong. Segala tindakan yang diambil haruslah cepat,tepat, efisien, dan efektif.
SISTEM (pelicin dan pemacu menuju kesuksesan)
pepatah berkata “ kalau ingin panjang usianya tanyalah pada orang yang usianya panjang umur, kalau ingin jadi kaya tanyalah orang yang kaya, kalau ingin sukses tanyalah pada orang yang sukses”
1. SISTEM PENGENALAN DIRI
Socrates filosof yunani menegaskan “kenalilah diri sendiri, karena hanya setelah mengenali diri sendiri, barulah kita bisa mengembangkanpotensi diri kita serta melengkapi segala ilmu pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk mencapai itu, dan segala hambatan yang mungkin muncul bisa diatasi sebelum memulai perjalanan anda.
Kekuatan saya adalah ?.....................
kelemahan saya adalah ?.....................
analisis pribadi
· motif utama anda dalam menjalani hidup ini ?
· tujuan yang ingin anda capai dalam 5 tahun dari sekarang ?
· tujuan / impian apa yang masih belum tercapai ?
· apa yang membuat anda benar – banar bahagia ?
· jika ingin sukses siapa saja yang bisa membantu anda?
· lanjutkan analisis pribadi anda sendri.........
2. PENETAPAN TUJUAN DAN RENCANA TINDAKAN
kesuksesan punya makna tentang pencapaian tujuan
alasan penetapan tujuan :
· tujuan dapat membangkitkan kesungguhan dan semangat anda.
· tujuan akan membuat kita penuh energi dan tidak merasa lelah
· dapat lebih berkonsentrasi dan fokus
· dapat membina keyakian
cara menetapkan tujuan
· Tekad dan ambisi kuat
· Menuliskan tujuan
SMART
· Spesifik ( jelas)
· Measureable ( dapat diukur )
· Achieveable (dapat dicapai)
· Realistik (realistis)
· Time(ada batasan waktu)
Rencana Pelaksanaan :
1. Tujuan :..............
2. Tanggal Dimulai :..............
3. Tanggal Pencapaian :..............
4. Manfaat setelah tercapai :..............
5. Tantangan dan halangan :....................................
6. Perlu bantuan siapa ....................................
7. Pengetahuan dan keahlian apa yang diperlukan ..................
8. Kunci kesuksesan .............................................
9. Siapa yang sudah mencpai ....................................
10. Komitmen apa yang diperlukan untuk mencapainya...............
3. SISTEM PENGATURAN WAKTU
· waktu tidak bisa dibeli disewa maupun dipinjam
· waktu tidak berubah
· waktu tidak bisa disimpan maupun dikumpulkan
· waktu tidak ada penggantinya
Naponion Bonaparte (Raja perancis ) saya dapat memiliki semua yang ada dibumi tapi tidak bisa memiliki waktu.
kebanyakan orang menyia-nyiakan waktu karena:
1. kurang jelas tentang apa yang mereka inginkan
2. tidak jelas tentang peranannya
3. tidak ada rencana kerja
4. tidak ada sistem kerja yang baik
5. kerjanya terlalu rumit
6. tidak ada konsep tentang manajemen waktu
4. SISTEM HUBUNGAN KEMANUSIAAN YANG BAIK
Hukum Menaman - Manuai, ada sebab pasti ada akibat
1. Berilah sebelum anda memiliki. Jangan mengharapkan keuntungan dari teman tanpa menumbangkan apa – apa terlebih dahulu.
2. Tersenyumlah terlebih dahulu sebelum orang lain tersenyum
3. Sapalah teman / rekan anda sebelum dia menyapa anda
Hambatan dalam membina hubungan kemanusiaan yang baik :
1. Mencoba mengubah cara berfikir orang lain
2. Suka mengkritik orang lain
3. Kasih sayang yang bersyarat
4. Kurang komitmen dan bertanggung jawab
5. Kurang berkomunikasi
Cara membina hubungan kemanusiaan yang baik :
1. Empati
2. menjadi pendengar yang baik
3. Memberi balasan
4. Jangan bertengkar
5. Menerima dengan sepenuh hati rekan kita
6. Memberi kata – kata manis atau pujian
7. Mudah didekati
8. Perhatian
9. Bersyukur
10. Memaafkan kesalahan orang lain
5. MANAJEMEN KEUANGAN
Motif manajemen keuangan:
1. Untuk memenuhi kebutuhan Hidup
2. Untuk mencapai tujuan- tujuan hidup
PERILAKU KONSUMEN PERTANIAN
1. Unsur kedekatan masih mendominasi
2. Mudah dipengaruhi
3. Suka dengan harga yang murah dan banyak
4. Suka dengan testimony hadiah
5. Jarang membaca
6. Kurang informasi tentang jenis produk pertanian
7. Malas dalam riset dan uji coba sendiri
8. Usahanya tidak focus (kebanyakan orang)
9. Bila ada masalah lebih suka bertanya pada orang lain seperti PPL, Toko pertanian
10. Menyebaran informasi lebih cepat lewat buzz marketing
11. Unsur kekeluargaan masih sangat kental
12. Unsur komunikasi yang mendukung dimulai dari Audio -> Visual >> kinestis
13. Cara efektif dalam memasarkan produk adalah masuk dalam komunitas bisa berupa :Hobinya, lingkungan keluarganya, pekerjaannya, group wayang/ kethoprak, paguyuban kesenian dll
Cara menggaet calon mitra agroland / Konsumen
1. Selalu rutin dan sebisa mungkin terjadwal dalam berkomunikasi dengan konsumen / mintra Modern Agroland
2. Sebisa mungkin bertemu langsung secara berkala dan terjadwal
3. Gunakan bahasa dan nada yang mudah dimengerti dan menggunakan bahasa – bahasa mereka.
4. ungkapkan kemudahan dan manfaat bila jadi mitra Modern Agroland
5. cari informasi dari calon mitra Modern Agroland /petani yang dapat menguatkan pendapatnya dengan proposional sehingga ada perhatian khusus dari kita.
6. bila perlu undang mereka ketempat kita kalau memang ada kegiatan baik dari perusahaan atau pribadi supaya nuansa kedekatan kekeluargaan bisa terjaga, ikatan hubungan emosionalpun akan terpelihara
7. Curahkan perhatian pada perilaku dan kebiasaan konsumen sehingga akan mampu memahami kebutuhan konsumen dan kondisi psikologis konsumen
8. Bila kita tidak punya produk yang diinginkan cari kebutuhan konsumen yang paling mendekati atau menawarkan solusi terbaik bagi konsumen
Bagaimana dengan anda?.................
Salam Dahsyat Luar Biasa !......................
Subandono Setiawan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar